Photobucket
Latest News

Muharrom, Moment Tepat Memuliakan Yatim

, Posted by surabaya at 4:01 AM

Bagi orang Syiah 10 Muharrom adalah peristiwa yang tidak dapat mereka lupakan dan mereka menganggap sebagai hari agung yang wajib diperingati setiap tahunnya, tanggal 10 Muharrom 61 H atau tanggal 10 Oktober 680 merupakan hari pertempuran Karbala yang terjadi di Karbala, Iraq sekarang.

Disebagian masyarakat lazim dan mengenal istilah bulannya yatim, yaitu menyelenggarakan sebuah acara dimana mereka memberikan santunan kepada para anak yatim di hari yang telah ditentukan dalam setiap tahun baru Muharrom, yaitu antara 9 dan 10 Muharrom setiap tahunnya. Ada kesan lain yang patut disoroti dari perayaan tahun baru anak yatim diwajibkannya untuk memuliakan anak yatim, menanggung kehidupannya, menyayanginya, dan segala amal kebaikan yang menyenangi anak Yatim maka ia akan mendapatkan ganjaran seperti dalam hadist sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhari dari jalan Abu Hurairah, dimana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengatakan: “ Orang yang menanggung anak yatim baik anak yatim itu ada hubungan famili maupun tidak, maka saya dan orang yang menanggungnya seperti dua jari ini di dalam surga.” Malik bin Anas perawi hadist itu mengatakan, Rasulullah memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah. Terhadap anak yatim pula kita sebagai muslim dilarang menghardiknya (QS. Adh Dhuha (93) : 9), dan dalil-dalil lainnya yang memiliki kaitannya dengan muamalah terhadap anak yatim.

Oleh karena itulah bertepatan dengan Muharrom tersebut Lazis Al Haromain mengadakan santunan yatim di beberapa tempat yang berbeda yaitu di Masjid Al Hijriyah Pakis, SDIT Ghilmani Ketintang, Pengurus Muslimat Kelurahan Ketintang dan juga di Masjid Sayyid Abbas Keputran kegiatan tersebut dilaksanakan di Surabaya. Turut mendukung kegiatan ini KMD (Keluarga Muslim Dannis)/ Dannis Collection, Persyarikatan Dakwah Al Haromain Far`I Surabaya dan Takmir Masjid Al Hijriyah Surabaya.[]